fbpx

PT SOLUSI PERIZINAN INDONESIA

Kategori

Pentingnya Desain industri pada Produk Anda….

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Tanpa kita sadari barang yang ada disekitar kita merupakan Desain Industri. Contohnya : Sendok, sofa, piring, pisau, ember, sepatu, pakaian, dan lain sebagainya merupakan desain industri yang terdiri dari 2 dimensi maupun 3 dimensi. Melindungi Bentuk Desain Industri merupakan salah satu cara terbaik untuk tetap menjaga bentuk produk yang kita miliki. Untuk lebih jelas berikut rangkuman terkait desain industri.

Pengertian Desain Industri

Desain Industri adalah Salah satu jenis Hak Kekayaan Intelektual yang memiliki suatu kreasi tentang bentuk , konfigurasi atau komposisi garis atau warna, atau gabungan dari dua atau tiga dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola dua atau tiga dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk barang, komoditas industri atau kerajinan tangan.
Contoh desain industri yang sering kita jumpai atau kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari antara lain : Sepatu, Pakaian, Gelas, Piring, Bantal, Pisau, dan lainnya.

Masa berlaku Desain Industri

Masa Perlindungan Desain Industri adalah 10 tahun sejak tanggal penerimaan.  Pemegang hal desain industri memiliki hak ekslusif untuk melaksanakan hak yang dimilikinya untuk melarang orang lain tanpa persetujuan membuat, memakai, menjual, mengimpr, mengekspor, dan/atau mengedarkan produk-produk terkait.

Desain Industri yang dapat didaftarkan

  • Pendaftaran baru dapat dilakukan apabila tanggal penerimaan permohonan pendaftaran Desain Industri tersebut tidak sama dengan pengungkapan desain industri yang telah ada sebelumnya
  • Tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Keuntungan Pendaftaran desain industri

  • Menambah nilai profit pada produk anda
  • Meningkatkan nama desain anda
  • Menciptakan persaingan yang sehat dan jujur
  • Memiliki daya tarik yang tinggi
  • Terhindar dari unsur kemiripan terhadap desain produk orang lain

Dari hasil rangkuman di atas menjelaskan pentingnya pendaftaran desain industri pada setiap bentuk produk . Percayakan Desain Industri Anda pada Solusi Perizinan. Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi disini