fbpx

PT SOLUSI PERIZINAN INDONESIA

Kategori

Bahaya Obat yang Mengandung DEG Hingga Tewaskan 6 Anak di Afrika

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Oraganisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengungkap obat sirup yang mengandung zat kimia berbahaya. Obat sirup tersebut bermerek Naturcold, obat batuk pilek yang diproduksi oleh sebuah perusahaan Inggris bernama Fraken Internasional. Produk tersebut diketahui sudah beredar luas di Kamerun, Afrika.

Berdasarkan hasil uji yang dilakukan pada WHO Contracted and Prequalified Laboratory, Naturcold mengandung dietilen glikol (DEG) yang melebihi batas yang ditentukan. Informasi tersebut diterbitkan WHO melalui Medical Product Alert No. 5/2023 pada 19 Juli 2023.

Etilen glikol dan dietilen gilkol adalah zat kimia yang memiliki efek toksik atau beracun jika dikonsumsi dengan kadar yang tinggi. Keracunan zat kimia tersebut dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, gagal ginjal akut, hingga kematian.

BACA JUGA: BPOM dan Alasan Mengapa Harus Memiliki Izin Edarnya

Berdasarkan informasi, obat sirup Naturcold diduga menyebabkan kematian enam anak berusia di bawah 5 tahun di distrik Fundong, wilayah Barat Laut Kamerun. Produk tersebut juga diduga tidak memiliki izin edar di Kamerun dan diperoleh dari sumber ilegal.

Dilansir dari laman resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Senin (31/7/2023), Naturcold tidak terdaftar di Indonesia. Hingga saat ini, produk dari produsen Fraken International tersbut tidak ada yang terdaftar di BPOM.

Pihak BPOM menghimbau masyarakat untuk lebih waspada, menggunakan produk obat yang terdaftar di BPOM yang diperoleh dari sumber resmi. BPOM akan menguji dan memastikan suatu produk aman untuk digunakan. Selain itu, selalu cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar, dan Kadaluarsa) sebelum menggunakan produk obat.

Sumber: sindonews.com

Selain produk obat, BPOM juga merupakan lembaga yang bertugas mengawasi peredaran produk kosmetik dan makanan. Nah jika Anda seorang produsen makanan atau kosmetik dengan skala usaha besar, akan lebih baik jika mendaftarkan produk Anda ke BPOM.

BACA JUGA: 3 Alasan Pentingnya Izin BPOM Pada Produk Kosmetik

Kini, Solusi Perizinan Indonesia hadir untuk membantu mengurus legalitas usaha Anda dengan lebih mudah dan terpercaya. Jangan ragu untuk konsultasi dengan tim profesional kami, silahkan hubungi kami di sini.