fbpx

PT SOLUSI PERIZINAN INDONESIA

Kategori

SNI dan Manfaat Memilikinya

ilustrasi SNI dan Kegunaannya

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Siapa Sih yang tidak mengenal SNI atau Standar Nasional Indonesia. Biasanya SNI bisa ditemukan di helm. Namun, tahukah Anda bukan hanya helm yang memerlukan standar SNI. 

Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan standar yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan berlaku di Indonesia. 

Untuk merumuskan standar ini, terdapat Komite Teknis Perumusan SNI yang memiliki perannya masing masing.  Terdiri dari para stakeholder, dimulai dari pemerintah, akademisi, kalangan industri hingga para ahli yang mempunyai kompetensi di bidangnya.

 Komite teknis ini  didukung oleh sekretariat komite teknis yang tersebar di seluruh lembaga dan kementerian pemerintah.

Apabila suatu produk yang masuk ke dalam daftar wajib SNI, tidak memiliki label SNI, maka pelaku usaha tidak boleh mengedarkan dan memperdagangkan produk tersebut di Indonesia. 

Sebaliknya, apabila produk  yang di luar daftar wajib SNI tidak memiliki sertifikat SNI, maka tidak ada larangan untuk mengedarkan atau memperdagangkan produk tersebut. Akan tetapi, produk tersebut masuk dalam kategori produk yang berkualitas di mata konsumen.

Lalu apa keuntungan memiliki Sertifikat SNI? Dengan memiliki sertifikat SNI, pelaku industri akan mendapatkan manfaat dan keuntungan, diantaranya:

Meningkatkan citra perusahaan

Sebuah Citra Perusahaan tentu saja sangat penting untuk keberlangsungan penjualan. Pasalnya, semakin citra kita dipandang bagus oleh konsumen, maka konsumen akan setia bahkan merekomendasikan kepada orang lain. 

Kepercayaan konsumen akan bertambah apabila produk memiliki sertifikat SNI, karena tidak ada rasa ragu ketika membeli produk dengan sertifikat SNI. Rasa pwrcaya konsumen membuat peningkatan kepada citra perusahaan. 

Meningkatkan daya saing produk

Seperti yang diketahui, sebelum sebuah produk  mendapatkan sertifikat SNI, produk tersebut tentu saja telah melalui berbagai proses test yang rumit dan panjang. Sehingga, tentu saja produk tersebut memiliki value lebih tinggi dan tidak kalah saing dengan barang import.  

Itulah definisi dan keuntungan memiliki sertifikat SNI. Bagi Anda yang sedang memikirkan dan ingin mengurus sertifikat SNI, namun tidak memiliki waktu untuk mengurusnya, kami hadir dan bisa membantu Anda. Tunggu apalagi, sertifikat siap, usaha Anda fokus.  Hubungi kami di sini.