fbpx

PT SOLUSI PERIZINAN INDONESIA

Kategori

Catat, Ternyata ini Sumber Modal dari PT!

Asal Modal PT

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn

Anda sering mendengar kalimat atau kata mengenai PT namun belum mengetahui artinya? Tentu saja Anda tidak sendiri, karena banyak orang yang sering mengucapkan PT tanpa mengetahui akronim dari singkatan tersebut.

PT atau Perseroan terbatas merupakan sebuah badan usaha yang berdiri dengan hasil dari perjanjian kerjasama yang disepakati dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi menjadi saham. Hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007.

Karena terdiri dari kesepakatan, tentu saja sebuah perseroan terbatas tidak hanya dimiliki oleh pemilik tunggal akan tetapi banyak pelaku usaha yang memiliki salah satu PT. saham dari para pemilik dapat juga berpindah tangan apabila pemilik sebelumnya menjual saham tersebut.

Pembuatan PT tidak lah mudah, karena harus disaksikan oleh notaris yang nantinya akan dibuatkan sebuah akta untuk mendapat legalitas dari Menteri Hukum dan HAM.

Dilandaskan saham dari para pemilik modal, lalu dari mana kah modal Perseroan Terbatas? Ini asal modal Perseroan Terbatas;

  1. Modal Dasar

Modal dasar merupakan penentu dari besar kecilnya sebuah perusahaan. Dengan modal yang besar maka perusahaan tersebut akan dinyatakan sebagai PT Kelas besar, sebaliknya apabila modal dasar yang ada lebih kecil, maka perusahaan tersebut dapat dikatakan PT kelas kecil.

  1. Modal yang Ditempatkan

Modal yang ditempatkan pada PT diatur dalam Pasal 33 Undang-Undang Perseroan dimana pasal tersebut mengatakan bahwa jumlah minimal modal yang ditempatkan sebesar 25% dari modal awal perusahaan. Modal ini juga mengacu pada kesanggupan para pemilik terkait jumlah modal yang ditanamkannya.

  1. Modal yang Disetorkan

Modal setor dapat dikatakan sebagai sumber dana PT yang nyata karena modal tersebut menujukan modal yang disetor para pemegang saham yang jumlahnya sebesar 25% dari modal dasar atau sama seperti modal yang ditempatkan.

Perlindungan atas nama PT perlu segera dilegalkan sebagai sebuah perlindungan bagi PT yang Anda bangun. Anda sedang berencana membuat PT? hubungi SolusiPerizinan untuk legalitas PT yang mudah, cepat, aman. Cukup menghubungi SolusiPerizinan Perusahaan bisnis Anda akan segera terlindungi legalitasnya. Tunggu apalagi? Hubungi SolusiPerizinan di sini.