fbpx

PT SOLUSI PERIZINAN INDONESIA

Kategori

GoTo dan Jeratan Perselisihan Merek

Logo GoTo

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn

April ini, perusahaan asal Indonesia yang telah melakukan merger pada  Mei 2021 lalu kini menjual saham perusahaannya ke publik. Banyak orang berlomba-lomba untuk memiliki saham perusahaan asli Indonesia ini. Namun, taukah anda, GoTo pernah terjerat perselisihan antara merek dagang.

Perselisihan ini dimulai ketika Gojek dan Tokopedia merger dan memperkenalkan nama “GoTo” ke publik. PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang membawahi Gojek dan PT Tokopedia digugat oleh PT Financial Technology yang membawahi GOTO ke pengadilan niaga pusat atas kemiripan merek.

Merek GoTo dan GOTO memiliki pelafalan yang sama dengan pembeda yang terletak pada penulisannya. PT Financial Technology mengguggat sebesar 2,08T karena penggunaan merek yang dipatenkan oleh Gojek dan Tokopedia.

Namun, setelah ditelusuri, penggugatan tersebut dinilai tanpa dasar. Pasalnya, ketika melakukan penggugatan kepada GoTo merek ‘GOTO’ yang dimiliki oleh PT Financial Technology baru satu tahun didaftarkan, juga, merek tersebut tidak aktif digunakan sehingga value atau nilai dari merek tersebut tidak terlalu tinggi.

Dikutip dari Kompas.com Juniver Girsang selaku tim kuasa hukum dari GoTo menyebutkan bahwa PT Financial Technology secara sengaja mendaftarkan merek GOTO pada sesi barang/jasa Nomor 42 dengan tujuan untuk menghambat gerak maju serta sebagai langkah untuk menghambat usaha GoTo.

Selain itu, keduanya juga berada pada lini bisnis berbeda sehingga gugatan tersebut bisa saja dibatalkan kapanpun. Selain itu, GoTo juga sudah mendaftarkan merek dan memiliki hak penuh pada kategori barang/jasa nomor 9,36, dan 39.

Dari Kasus tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sebuah merek bisa menyebabkan perusahaan mendapatkan kerugian hingga triliyun rupiah. Wajar saja, pasalnya merek merupakan sebuah identitas awal dari perkenalan sebuah bisnis kepada masyarakat secara luas. Sesuai dengan fungsi awal merek yaitu sebagai identitas.

Sebuah merek juga perlu didaftarkan sejak dari perencanaan bisnis, sehingga nilai dan value yang dimiliki merek tersebut semakin tinggi nilainya. Oleh karena itu, tunggu apalagi? Mari daftarkan merek dari bisnis anda agar terhindar dari para peniru dan terbebas dari jeratan hukum.

Maka dari itu, SolusiPerizinan hadir dengan menawarkan bantuan bagi para pengusaha. SolusiPerizinan selalu siap 24 jam untuk membantu Anda melegalkan bisnis yang Anda rintis. Tunggu apa lagi? Segera legalkan bisnis anda di sini.